Sabtu, 20 Oktober 2012


I'm Casey Stoner Fans


Berawal dari iseng-iseng nonton motoGP sampai jadi hobi. Dan jagoanku jatuh pada Casey Stoner pembalap asal Australia dengan nomor 27. Awal nonton motoGP itu kalo ga salah waktu tahun 2006an ketika itu Valentino Rossi masih jadi favorit penyuka motoGP dan Valentino Rossi ini masih berliveri Camel dengan warna dasar kuning. Dan salah satu pemuda di desa saya, dia memodif tunggangan Honda NSR'a mirip dengan tunggangan pembalap asal Italia tersebut.


Honda NSR pada zaman saya kecil dulu masih menjadi motor yang jarang dan siapa sih yang ga mau punya NSR. Secara ini motor keren abis, tapi karna harganya yang lumayan mahal dan katanya stoknya terbatas jadi jaranglah kita liat ni motor seliweran di jalanan. Di desa saya saja waktu itu yang punya cuma satu orang haha :-D. saya pun berkata dalam hati "pas udah gede nanti saya pengen punya motor yang keren kaya si aa itu". Sekarang saya sudah beranjak dewasa, motor keren pun saya miliki, yaitu honda CBR 150 tahun 2010 berwarna merah. Karna membeli motor seken alias bekas, saya tidak bisa memilih warna :-( padahal saya mencari-cari Repsol Edition. Tapi tak apalah, daripada nunggu indent ga jelas kapan datangnya haha.

Honda CBR 150 tahun 2010

Gambar di atas adalah motor saya, pas pertama datang ini motor ga kya gini, karna saya gatel liat motor keren tapi belum diapa-apain. Sedikit yang saya ubah, pertama yaitu mengganti pelindung rantai yang ori dengan memakai Yamaha Byson, karan menurut saya punya Byson ini lumayan keren dan murah hanya 30ribu kalo ga salah, tapi tentunya ga pasang plek langsung jadi, tpi coak sana coak sini, tentunya ga asal-asalan biar ga kliatan bekas coakannya.

Pelindung rantai atau kondom arm alias hugger punya Byson. Gear set pake merk Sinnob.

Modif yang selanjutnya yaitu penggantian gear set, karna yang ori udah ga enakan, bunyi terus tiap ni motor jalan. Malu lah, masa motor keren-keren gini rantainya berisik, sebelumya saya kira karna rantai'a kendor atau kurang pelumas rantai. Tapi setelah saya stel ulang rantainya dan saya beri pelumas rantai, suara itu masih saja ada. Alhasil saya berpikir ini udah waktunya di lemkuning (lempar tuku maning jare wong Dermayu mah). Susahnya cari part ori Honda CBR ini bikin kepala pusing, tiap dealer ga ada yang ready stok harus nunggu 2 bulan katanya baru ada (terus motor gw mesti nongkrong di garasi gitu selama 2 bulan? haha). Akhirnya setelah saya searching di internet, terpilihlah antara gear set Daytona, SSS, dan Sinnob. dari kualitas daytona jangan tanya tapi harga lumayan + disini juga ga ada yang jual haha, gear set SSS katanya sih kuat, tahan lama harga 11-12 dengan sinnob tapi disini ga da yang jual, akhirnya terppilihlah gear set sinnob warna merah nyesuaikan warna motor. Harganya 500ribu (harga tiap kota beda-beda) waktu itu saya beli, ini juga ga ready stok, toko yang jual ga nyediain bwt CBR, indent 2 hari. Ya wislah daripada ga ada. komen saya tentang gear sinnob ini, dari model cakep abis dah beda dari yang lain, trus mulus gan ga ada suara berisik, tapi perasaan ada yang beda pas make gear ori saya dapat kecepatan 145 km/jam dengan mudah, pas make gear sinnob perasaan bwt nembus 140 km/jam aja susah. Itu ga tau karna belum di servis atau gimana saya ga ngerti, tapi setelah saya servis ni motor, bisa deh tembus 145 km/jam, tapi tetep ga semudah waktu make gear ori.

Selanjutnya yaitu saya ganti ban depan karna yang lama udah mulai aus, dengan ban tubeles FDR tipe Genzy ukuran 100/90, harga 250ribu + pentil tubeles. Komen saya tentang ban tubeles merk FDR tipe Genzy ini lumayan kuat, dan harga'a pun terjangkau, saya jarang ke tukang tambal ban dan malah ga pernah buat tambah angin atau tambal ban. (semoga ga pernah ke tukang tambal ban karena masalah ban, amin :-) ). dibangkan dulu ketika masih pake suzuki satria, pke ban biasa bukan tubeles ada aja masalahnya. selain itu ban ini cukup lengket jadi ga slip. Karena ukuran 100/90 ini mentok kena spakbor, alhasil saya mesti mengganti spakbor depan supaya ga kegesek, soalnya kalo kegesek nanti ban cepet aus dan ga enak didenger gesekannya haha :-). Saya ganti dengan spakbor Ninja 250R, ini juga PNP, mesti bikin dudukan dengan penambahan 2 buah plat besi untuk sisi kiri dan kanan. Oh iya harga'a 70ribu dan plat besinya 10ribu dapet 2 buah. tapi karna barang bukan ori jadi warnanya pun berbeda, tak apalah pikir saya, wong darurat hehe. Ini dia penampakanya.

Spakbor Ninja 250 dan ban FDR Genzy ukuran 100/90

Projek selanjutnya saya kepincut dengan Cutting sticker, setelah tanya sana sini. Ada yang bilang lebih cakep di airbrush, tapi ntar harga jual turun karna bodi udah ga ori. Akhirnya saya mantapkan pilihan untuk memilih cutting stiker, setelah diberitau temen bernama bang Dika, dia sangat solider sob hehe. Kami kunjungi TKP tepatnya di deket terminal Harjamukti Cirebon seberangnya aga ke kanan dikit, tempatnya bernama MTV, MTV ini spesilasis cutting sticker, mulai dari cutting stiker tulisan-tulisan yang ada di ankot-angkot dan mobil truck serta mobil anak muda kya honda jazz dan lain-lain, mereka sudah berpengalaman. Biaya pun menurutku relatif murah, tapi menurut si Aa yang ngerjain cutting tersebut tergantung model dan luas stikernya. Si Aanya bilang mending skotlet dulu ditempat lain, soalnya lama kalo ngerjain disini (maklum lagi banyak orderan), nanti klo udah diskotlet semua tinggal dibawa kesini sama desainnya, Desain yang saya siapkan yaitu tunggangan Casey stoner waktu dia masih di tim Ducati GP07. Soalnya saya ngefans banget ama pembalap yang satu ini hehe. karna CBR saya merah juga, seandainya CBR saya warna item atau Repsol Edition, saya ga kan terlalu banyak ngerombak hehe :-). Setelah itu dia memotret motor saya untuk diedit di komputer menyatukan desain yang saya pilih dengan motor.

 desain yang saya pilih Casey stoner, Ducati GP07.

Yang pertama saya lakukan adalah menutup semua body motor dengan skotlet, sayang warna skotlet ga ada yang sebagus warna airbrush, ketika cahaya terlaly terang warna merahnya jadi pudar kaya warna orange-pink gtu ketika masih polos, tapi ketika cahayanya cukup, warna merahnya jadi bagus, ini penampakannya.

cahaya terlalu terang, jadi kaya gini warnanya

cahayanya cukup, warna merahnya jadi cakep

Setelah beres menutup semua bodi dengan skotlet merah, saya bawa ke MTV, menurut si Aa MTV "emang warna skotlet mah kaya gtu, mau cari warna merah kya honda jazz mah ga kan ada, tapi tenang aja klo dah dipasang cutting mah ntar ga kan kya gini, soalnya ini mah polos" begitu menurutnya. Lalu dia mengambil gambar motor ini untuk yang kedua kalinya, karena menurut dia yang polos gampang ngeditnya. Keesokan harinya saya bawa ni motor ke MTV, jam 9 pagi, si Aanya msih tidur gan, tpi ane bangunin (sebenernya si ga enak, tpi keburu saya ada kuliah hehe, wong janjinya juga jam segitu hahai) awalnya ane ragu ninggalin ni motor, takut kenapa-napa. tapi saya Lillahita'ala aja hehe. Klo dah jadi katanya ntar di sms, dia meminta no saya, lalu saya tinggal tuh motor tanpa dikunci stang maupun gembok. saya percayakan saja, soalnya dia juga langganan temen saya bang dika itu hehe. ini dia gambar penampakan setelah di cutting stiker. :-D
tampak depan gan

tampak dari samping kiri nih gan

tampak dari samping kanan nih gan

Over all dalam pengerjaannya saya puas, motor ini selamat wal afiyat setelah jam 5 sore d sms saya langsung ke TKP. oh iy harga cutting ini 200ribu gan + pasang disana, klo skotlet fullbody'a saya kerjain ditempat lain,  kena biaya 170ribu. terjangkau kan? hasilnya juga rapi lho :-)
semoga bermanfaat bagi para pembaca, salam bikers :-)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar